Podcast sebagai media baru ditengah pandemi

Fajar rizky saputra
2017110022/A
EPIM

Sumber : Instagram Universitasalazharindonesia


Depok, P3k (Podcast kampus ke kampus) bersama wardah bright day membuat seminar webinar tentang " Perkembangan Podcast Sebagai Media Baru Bagi Youngsters" pada jum'at 30 oktober 2020 via zoom, 
dengan narasumber Citra Dyah Prastuti (Pemimpin redaksi KBR),Adi Prasetya (deputy editor in chief berita satu TV) dan Yuri Alfrin Aladdin (Dosen komunikasi Ual) 

Membahas tentang Podcast, bisa dibilang beberapa waktu terakhir, menjadi media alternatif baru yang muncul dari beberapa generasi muda. Dalam hal ini perlahan di ganti dari media konvensional seperti televisi menjadi media - media digital seperti youtube. Sebuah survei dari suara hening pada tahun 2019 tentang podcast, yang menyebutkan bahwa mayoritas masyarakat indonesia, yang sudah mengetahui podcast dengan range usia 21-30 tahun, Sebagian besar pendegarnya adalah laki-laki. Pada tahun 2020 spotify mengeluarkan empat rilisan original podcast di indonesia. salah satunya podcast dirdires. Podcast ini dalah hasil produksi dari KBR prime menceritakan surat cinta yang di bacakan oleh publik figur, seperti Raisa, Ardito Pramono dan Morgan oey.

perkembangan media menurut Adi prastuti adalah media sejak dulu sampe sekarang sangatlah berbeda. Dan media sangatlah di nantikan oleh publik karna tidak ada sumber lain untuk rujukan semua orang. itu pun harus berlangganan seperti koran dan majalah. Dan pada saat itu perkembangan media sangatlah tidak ketat. 

Citra juga menambahkan audio adalah suatu sifat yang storytelling dan sangat purba, kita pertama kali denger suara orang dan mendengar ketika orang bercerita. audio tidak pernah mati dengan perkembangan zaman. Bahkan "dia" hidup lagi dengan menemukan teknologi.Di Amerika, podcast sangatlah booming salah satunya bernama sirial
Survei menunjukan tentang podcast berasal dari daily sosial tahun 2018 dan podcast suarani 2019.

Yuri untuk pendengar podcast sebagian masih menjadi pendengar belum untuk menjadi kontent kreator. Keadaan dalam industri digital saat ini masih di kalangan muda. "Jika industri digital diindonesia ingin menjadi maju, barang kali ekosistem semakin di perkuat." Harus di topang dari beberapa unsur,salah satunya sdm (sumber daya manusia). Pengasil sdm yang di maksud berasal dari kampus, kampus yang akan melahirkan tenaga kerja profesinal.

menjadi seorang Content Creator, bisa dibilang sangat menjanjikan, namun dijelaskan bahwa “dibalik suksesnya seorang Content Creator tersebut terdapat kosistensi yang ada pada diri seorang Content Creator, sama halnya jika anda ingin menjadi seorang podcaster, semuanya tidak instan, semuanya butuh proses dan kosistensi, untuk mendapatkan uang dari podcast tidak hanya sekali dua kali membuat nya, tapi puluhan kali bahkan ratusan kali untuk bisa mendapatkan hasil dari iklan yang mau memasanh iklannya dalam podcast anda berlangsung.

#podcaster
#podcastindonesia
#seminarwebinar

Komentar